Microsoft konfirmasi Cortana bakal jadi pesaing utama Siri

Microsoft konfirmasi Cortana bakal jadi pesaing utama Siri

Techno.id - Bulan Maret lalu, media Reuters sempat melaporkan bahwa Microsoft sedang berencana menghadirkan Cortana di platform iOS untuk saingi Siri. Setelah berita tersebut dipublikasikan, sejauh ini Microsoft enggan untuk memberikan komentar lebih jauh.

Namun melalui blog resmi Windows (26/05/2015), Microsoft akhirnya mengonfirmasi berita tersebut. Dalam postingannya Microsoft mengatakan, aplikasi bernama Cortana Companion akan dapat membantu pengguna untuk menginstal aplikasi Cortana di platform Android dan iOS melalui perangkat desktop (PC).

"Hari ini kami mengumumkan bahwa aplikasi Cortana untuk ponsel Android dan iOS telah terintegrasi dengan Cortana yang terdapat pada Windows 10 PC. Aplikasi 'Cortana Companion' untuk PC akan membantu pengguna untuk menginstal aplikasi Cortana dari Google Play maupun App Store, sehingga pengguna dapat memanfaatkan Cortana ke mana pun pengguna pergi," tulis Microsoft melalui blog resmi Windows.

"Aplikasi Cortana Companion akan tersedia untuk platform Android pada akhir Juni dan untuk iOS pada akhir tahun ini," lanjut Microsoft.

Microsoft konfirmasi Cortana bakal jadi pesaing utama Siri

Seperti dikutip 9to5mac.com (26/05/2015), dalam video yang diunggah oleh Microsoft hari, cukup jelas terlihat bahwa sebagian besar fungsi dari aplikasi Cortana Companion akan bekerja dengan baik pada perangkat iOS tanpa memerlukan perangkat Windows. Dalam videonya, Microsoft juga mengungkapkan bahwa pengguna dapat membuat query maupun mengajukan pertanyaan yang sama (dengan Siri).

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh 9to5mac.com, pengguna Windows PC sebagian besar ternyata tidak menggunakan Windows Phone untuk sistem operasi pada ponselnya. Oleh karena itu, Microsoft menawarkan sejumlah fitur agar sistem operasi iOS dapat terintegrasi dengan baik pada Windows 10.

Selain itu, Microsoft juga meyakinkan pengguna iOS bahwa mereka tidak perlu membeli perangkat Mac untuk dapat terhubung dengan perangkat Windows 10 (terutama fitur Cortana). Hal ini dilakukan karena Microsoft menyadari bahwa iOS dan Siri memiliki ekosistem yang sulit untuk dibendung. Namun Microsoft dewasa ini diketahui juga sudah berkali-kali melakukan serangkaian 'serangan' kepada Siri melalui iklan promosi Cortana.

(brl/red)