Menkominfo tekankan aplikasi lokal harus muncul untuk saingi Uber

Menkominfo tekankan aplikasi lokal harus muncul untuk saingi Uber

Techno.id - Terkait kemunculan Uber, aplikasi pemesanan taksi eksekutif melalui ponsel pintar atau perangkat mobile yang marak beberapa waktu belakangan ini, Menkominfo Rudiantara menyampaikan bahwa aplikasi lokal perlu muncul untuk menyaingi aplikasi yang menggeliat di beberapa kota besar, seperti Jakarta dan Bali tersebut. Menurut Chief RA, jika aplikasi Uber dibiarkan terlampau populer di negeri ini, maka tentu hal tersebut tidak sejalan dengan semangat pemerintah untuk mengobarkan penggunaan aplikasi lokal.

"Cara untuk melawan-nya buat aplikasi lokal, Singapura bisa dengan membuat Beeline. Beeline sama dengan Uber tapi untuk mobil commuter yang besar," katanya seperti dikabarkan oleh Merdeka (5/6/15).

Ya, Beeline merupakan salah satu langkah Singapura untuk menekan penggunaan Uber di negara singa tersebut. Kemunculan Beeline di negara tersebut menurut Rudiantara cukup manjur untuk mengurangi dan mengalihkan warganya untuk menggunakan aplikasi lokal tersebut.

Kendati demikian, pria kelahiran Bogor tersebut mengungkapkan bahwa kementeriannya tidak akan membatasi gerak Uber dalam memberikan layanannya. Alasannya, skema bisnis yang dijalankan oleh Uber saat ini memang merupakan yang diinginkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

Oleh karena itu, Chief RA mengatakan untuk menghadapi penggunaan Uber yang semakin meningkat nantinya, Kemkominfo harus menggandeng instansi lainnya, seperti Kementerian Luar Negeri untuk melakukan pembicaraan serius. Pasalnya, hal ini menurut mantan petinggi di berbagai perusahaan telekomunikasi Indonesia tersebut sudah menyangkut diplomasi antarnegara.

Menkominfo tekankan aplikasi lokal harus muncul untuk saingi Uber

Menkominfo Rudiantara 2015 merdeka.com

(brl/red)