Instagram ajak pengguna nikmati 3D Touch versi Android

Instagram ajak pengguna nikmati 3D Touch versi Android

Techno.id - Pengguna Android boleh saja iri dengan fitur 3D Touch milik iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Pertanyaannya, apakah pengguna sistem operasi besutan Google ini benar-benar tidak dapat mencicipi teknologi terbaru Apple tersebut?

Dalam update terbarunya, aplikasi Instagram baru saja membuktikan bahwa jawabannya adalah bisa. Meskipun tidak sepenuhnya sama, namun secara teori sistem kerjanya sudah boleh dikatakan cukup mirip dengan fitur asli 3D Touch.

Sebagaimana dikutip dari Android Police (08/12), pada dasarnya 3D Touch memerlukan sebuah hardware khusus. Kendati demikian, para pengembang Instagram mengklaim bahwa mereka berhasil memanipulasi hanya dengan bantuan software.

Seperti diketahui, 3D Touch versi iOS bekerja berdasarkan kekuatan tekanan pada layar. Namun untuk versi Android, Instagram telah memodifikasi kekuatan tekanan tersebut menjadi durasi tekanan pada layar.

Sementara itu, 3D Touch versi Android buatan Instagram ini juga menawarkan hasil yang sama persis dengan versi iOS. Dengan menekan gambar thumbnail lebih lama, 3D Touch versi Instagram ini akan meresponnya dengan pop-up preview.

Untuk mengembalikan gambar ke mode thumbnail, pengguna Android hanya perlu mengangkat jari mereka. Sedangkan jika ingim membagikan foto atau gambar ke media sosial lain, pengguna cukup menggeser jari mereka ke tombol share.

Penasaran ingin menjajal 3D Touch versi Android ala Instagram? Pastikan Anda sudah menggunakan Instagram minimal versi 7.13.0 dari halaman resmi Google Play Store.

(brl/red)