Hemat konsumsi data pangkal lancar browsing di Chrome Mobile

Hemat konsumsi data pangkal lancar browsing di Chrome Mobile

Techno.id - Saat ini, kecepatan dan ketepatan merupakan hal utama yang diperlukan untuk menjelajahi dunia maya. Setiap hari, orang-orang mengandalkan web browser di ponsel pintar mereka untuk mencari segala jenis informasi yang diperlukan. Sayangnya, ponsel pintar memiliki batasan konsumsi data untuk setiap aplikasi yang terinstal di dalamnya, termasuk aplikasi browsing. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Nah, jika Anda menggunakan aplikasi browsing Chrome di smartphone Anda, Anda bisa melakukan pengaturan untuk memangkas konsumsi data, yakni dengan menonaktifkan menu preloading halaman web Chrome. Dikutip dari LifeHacker (6/3/15), berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk menonaktifkan menu preloading halaman web Chrome, baik bagi Anda yang menggunakan smartphone Android atau iOS.

Pertama-tama, masuk ke menu Pengaturan (Settings) Chrome lalu pilih menu Advanced, kemudian Bandwidth, setelah itu pilihlah menu Preload halaman web. Anda bisa memilih untuk menonaktifkan seluruhnya atau hanya preload halaman web pada saat terhubung dengan jaringan Wi-Fi saja.Selain itu, Anda dapat melakukan kompresi data yang dapat ditemukan pada menu Bandwidth yang sama pada perangkat berbasis iOS.

Namun, bagi Anda pengguna Android, maka Anda harus melakukan pengaturan yang sedikit berbeda. Anda harus menuju ke menu Settings, lalu scrool down menuju ke menu pilihan Advanced, dan langsung klik pada menu "Reduced data usage". Cara ini diklaim mampu mengompres situs website yang akan di jelajahi, sehingga mengurangi pemborosan konsumsi data pada ponsel pintar Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat konsumsi data saat menjelajah internet pada aplikasi Chrome. Cukup mudah bukan? Jadi, mulai sekarang Anda tak perlu khawatir lagi kegiatan berselancar Anda di dunia maya terganggu karena adanya batasan konsumsi data.

(brl/red)