Google bawa layanan keamanan untuk Chrome di smartphone Android

Google bawa layanan keamanan untuk Chrome di smartphone Android

Techno.id - Sejak dua tahun silam, Google berusaha melindungi keamanan pengakses internet di beberapa browser seperti Firefox, Chrome, dan Safari. Namun, kini mesin pencari raksasa itu telah mengumumkan bahwa penjelajahan aman di Chrome akan menyapa pengguna smartphone Android.

Pembaruan keamanan ini akan menjaga perangkat Anda dari serangan malware atau konten phishing. Walau pembaruan ini tergolong kecil, tetapi manfaatnya sangat luar biasa untuk smartphone Android Anda.

Google juga mengatakan bahwa memberikan perlindungan pada perangkat mobile jauh lebih sulit daripada pada sistem desktop. Hal ini dikarenakan perusahaan perlu memastikan daftar situs berbahaya yang kemungkinan bisa diakses pengguna.

Untuk mengetahui Anda sudah mengaktifkan fitur ini atau belum, Anda bisa mengeceknya di bagian setting. Dari situ, Anda bisa masuk ke menu Privacy, lalu berlanjut ke Safe Browsing. Jika menu Safe Browsing sudah dicentang, berarti perangkat Anda sudah mendapatkan perlindungan keamanan.

Namun, tidak semua perangkat Android bisa merasakan fitur tersebut, hanya Chrome Android versi 46 ke atas yang dapat menikmati fitur keamanan Safe Browsing. Bila Chrome Anda masih di bawah versi 46, jangan harap Anda dapat merasakan fitur Safe Browsing.

Nantinya, jika Anda tanpa sadar berkunjung ke situs berbahaya, maka Chrome akan memberikan peringatan berupa layar berwarna merah. Dari sini, Anda dapat memutuskan untuk melaporkan ancaman tersebut secara otomatis atau manual, seperti yang dikutip dari laman blog Google (7/12/2015).

Google bawa layanan keamanan untuk Chrome di smartphone Android

(brl/red)