Dropbox luncurkan layanan baru bernama File Request

Dropbox luncurkan layanan baru bernama File Request

Techno.id - Sebagai salah satu layanan gratis penyedia data berbasis web terpopuler (free cloud storage) yang menggunakan sinkronisasi data, Dropbox baru-baru ini meluncurkan sebuah layanan yang boleh dibilang benar-benar baru dan belum pernah diimplementasikan sebelumnya.

Layanan baru ini bernama Dropbox File Request. Dengan layanan ini, setiap pemilik akun Dropbox dapat membuat sebuah halaman web khusus di mana pengguna lain dapat mengirimkan sebuah file langsung ke akun Dropbox Anda. Menariknya, proses ini dapat dilakukan oleh si pengirim tanpa harus memiliki akun Dropbox sekalipun.

Untuk saat ini, layanan Dropbox File Request masih hanya dapat diakses melalui tautan ini (memerlukan proses log-in). Namun, tautan tersebut nantinya juga akan menjadi halaman pengaturan utama pemilik akun Dropbox untuk mengelola isi dari layanan Dropbox File Request ini.

Untuk selanjutnya, agar proses pengelolaan si pemilik akun lebih mudah, Dropbox nantinya akan memetakan file yang telah di kirim oleh si pengirim ke dalam direktori folder yang juga dibuat oleh si pengirim itu sendiri. Selain itu, notifikasi pengiriman file juga akan dikirim langsung ke alamat email utama akun Dropbox Anda.

Sayangnya, layanan baru Dropbox ini memberlakukan peraturan pembatasan untuk ukuran file yang akan dikirimkan. Ukuran maksimal yang dapat dikirimkan melalui layanan ini adalah sebesar 2GB. Untungnya, Dropbox berbaik hati karena telah menyediakan layanan ini untuk pengguna gratis Dropbox maupun pengguna pro (berbayar).

(brl/red)