Cyanogen berencana libatkan Cortana di OS terbarunya

Cyanogen berencana libatkan Cortana di OS terbarunya

Techno.id - Penggunaan aplikasi asisten virtual pada perangkat mobile saat ini memang menjadi tren yang berkembang di tengah masyarakat. Untuk itu beberapa perusahaan teknologi dunia pun berlomba-lomba untuk menghadirkan aplikasi ini ke produk rancangannya.

Salah satu pabrikan yang turut menghadirkan aplikasi asisten virtual pada produknya adalah Cyanogen. Seperti dikutip dari TalkAndroid (11/9/15), pabrikan yang khusus menggarap sistem operasi sendiri berbasis Android itu dikabarkan akan membenamkan asisten virtual besutan Microsoft, Cortana pada sistem operasi terbarunya kelak.

Kirt McMaster, Co-founder dan CEO dari Cyanogen dalam sebuah kesempatan pernah menyampaikan bahwa ketika Apple telah mengintegrasikan Siri ke layanan Apple Music, maka tidak menutup kemungkinan bagi perusahaannya untuk juga menggunakan asisten virtual pada OS terbarunya dan kemungkinan Cortana-lah yang akan dipilih. McMaster juga menambahkan, kemungkinan besar nanti Cortana tidak akan hanya menjadi sebuah aplikasi pada produk terbarunya, melainkan menjadi bagian utuh sistem operasi.

Sayangnya, belum ada informasi lanjutan dari pihak Cyanogen mengenai rencana ini. Namun, jika benar Cyanogen akan mengintegrasikan Cortana pada OS terbaru, maka sistem operasi ini kemungkinan bakal menjadi kompetitor yang cukup menjanjikan untuk produk-produk Microsoft sendiri yang notabene merupakan penggagas layanan asisten virtual Cortana.

(brl/red)