Cara unduh aplikasi Android dari toko pihak ketiga

Cara unduh aplikasi Android dari toko pihak ketiga

Techno.id - Ketika akan mengunduh aplikasi baru, mayoritas pengguna Android pasti akan membuka Google Play Store. Kendati demikian, tidak sedikit pula pengguna Android yang ternyata lebih menyukai toko aplikasi pihak ketiga.

Alasannya cukup sederhana. Toko aplikasi pihak ketiga lebih sering menyediakan penawaran menarik dibandingkan halaman resmi Google Play Store. Salah satu contohnya seperti kesempatan mengunduh aplikasi berbayar secara gratis.

Jadi, siapa saja toko aplikasi pihak ketiga itu? Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, lima alternatif terbaik Google Play Store di antaranya yakni Amazon Appstore, Getjar, F-Droid, Aptoide, dan AppBrain.

Lalu, bagaimana cara mengunduh dan memasang aplikasi dari toko pihak ketiga di platform Android?

Untuk proses unduh, ada dua cara yang dapat dilakukan. Pertama, Anda dapat mencari aplikasi secara manual melalui peramban web. Kedua, Anda dapat mengunduh aplikasi dari toko aplikasi terkait jika mereka memang menyediakan.

Sedangkan untuk proses instalasinya, Anda harus mengaktifkan opsi "Unknown sources" terlebih dahulu. Pada umumnya, menu ini dapat ditemukan di halaman "Settings". Selanjutnya pilih opsi "Security" atau "Privacy".

Yang harus selalu diperhatikan, lihat komentar dan rating sebelum mengunduh aplikasi sebagai bahan pertimbangan dari sisi keamanan. Karena pada dasarnya, toko aplikasi pihak ketiga identik dengan sisi keamanan yang lebih rendah.

(brl/red)