Awal September, Google Chrome resmi 'bekukan' Flash

Awal September, Google Chrome resmi 'bekukan' Flash

Techno.id - Sejak beberapa bulan yang lalu, peramban web terkemuka Firefox secara resmi telah meninggalkan plug-in Adobe Flash Player. Ya, pengguna Firefox kini harus mengaktifkan Flash secara manual jika ingin tetap menggunakannya.

Seiring berjalannya waktu, langkah Firefox kini mulai diikuti oleh peramban web lainnya. Sebut saja seperti Google Chrome, yang secara resmi akan mulai 'membekukan' plug-in Flash per 1 September besok.

Sebagaimana dikutip dari The Register (27/08), adapun metode yang akan digunakan Chrome adalah "Click-to-play". Sama halnya dengan Firefox, pengguna Chrome kini harus mengaktifkan secara manual jika ingin tetap menikmati plug-in Flash.

Kembali mengaktifkan Flash di Chrome cukup sederhana untuk dilakukan. Caranya adalah dengan meng-klik kanan kotak berwarna abu-abu (grey box), kemudian pilih opsi "Run This Plugin" untuk mengaktifkan.

Dalam pengumumannya, Google menjelaskan jika keputusan meninggalkan Flash adalah karena tak ingin kinerja Chrome terlihat buruk di mata para penggunanya. Sedangkan untuk layanan AdWords, Google mengatakan bahwa format iklan secara otomatis akan dikonversi ke HTML5.

(brl/red)