Aturan Play Store sudah diperketat, developer makin susah macam-macam

Aturan Play Store sudah diperketat, developer makin susah macam-macam

Techno.id - Google belum lama ini mendesain ulang laman Developer Program Policy Center-nya. Penyesuaian ini diharap mampu mempermudah para developer dalam memahami aturan yang ada atau mencari topik yang ingin didalami.

Namun tak cuma memberlakukan desain anyar, Google turut memperbarui sejumlah aturan yang selayaknya dipatuhi para developer yang ingin menjajakan aplikasinya di Play Sore. Melansir Phandroid.com (01/03/16), dalam kebijakan terbarunya itu, Google tak segan untuk mengembargo aplikasi yang menampilkan iklan-iklan mengganggu ketika sedang digunakan.

Aturan Play Store sudah diperketat, developer makin susah macam-macam

Tampilan baru Google Play Store Developer Policy Center
2016 Google/Google

Google pun telah menegaskan batasan untuk aplikasi yang berniat untuk menerobos sistem manajemen daya. Aturan ini dikhususkan untuk aplikasi sejenis aplikasi yang mengklaim mampu menghemat baterai ponsel. Terakhir, Google juga menerapkan kebijakan yang lebih ketat pada aplikasi yang ingin mengumpulkan kontak dan nomor telepon dari user.

Saat ini, tak sedikit pihak yang menilai Google Play Store layaknya 'rimba liar' yang penuh aplikasi berbahaya. Untuk mengubah paradigma itu, Google tahun lalu sudah mulai memberlakukan aturan untuk me-review aplikasi dari developer sebelum dilepaskan ke Play Store. Kendati itu adalah strategi yang tepat, tetapi tentu kerja Google masih banyak untuk benar-benar mengamankan penggunanya.

(brl/red)