Apple update iCloud dengan fitur baru untuk mengembalikan data

Apple update iCloud dengan fitur baru untuk mengembalikan data

Techno.id - Jika Anda pernah tak sengaja menghapus dokumen yang disimpan ke iCloud, kini Apple memiliki fitur baru untuk mengembalikan data tersebut. Adapun data yang bisa dikembalikan, di antaranya file yang hilang di iCloud, kontak, data dari kalender, dan pengingat. Semuanya dapat dikembalikan dengan cara login ke iCloud.com.

Setelah Anda login ke akun iCLoud, kemudian Anda bisa menuju ke bagian bawah halaman pengaturan. Di sana Anda akan menemukan Advanced baru dengan beberapa fitur restore. Namun ingat, Anda hanya dapat mengembalikan file yang terhapus tidak lebih dari 30 hari. Setelah 30 hari, file yang terhapus akan menghilang selamanya dan tidak dapat dipulihkan, seperti yang disadur dari MacWorld (14/8/15).

Berbeda dengan kontak, karena data kontak sudah dicadangkan oleh sistem sehingga setiap saat Anda dapat mengembalikannya. Terlebih, Anda juga bisa memilih cadangan tersebut pada semua perangkat, termasuk Mac, iPhone, iPad, dan iPod Touch.

Begitu pula dengan restore pengingat, fitur pengembalian data pada layanan pengingat juga dapat dilakukan kapanpun Anda sempat. Namun, Anda perlu mengakses hak istimewa secara manual karena informasi terkait acara yang Anda buat tidak tersimpan dalam arsip. Walaupun begitu, acara sebelumya yang dibatalkan bisa Anda buat kembali. Selain itu, Anda juga bisa mencadangkan restore pengingat ini pada semua perangkat iOS.

(brl/red)