Aplikasi scan barcode yang tak menguras memori

Aplikasi scan barcode yang tak menguras memori

Techno.id - Sebelumnya, memindai suatu barcode mungkin hanya dilakukan oleh kasir sebuah pusat perbelanjaan atau supermarket. Namun, kini hal tersebut juga dapat dilakukan oleh semua orang, khususnya pengguna smartphone Android. Pasalnya, Google Play Store telah menyediakan sebuah aplikasi gratis yang memang dikhususkan untuk memindai barcode.

Aplikasi tersebut bernama QR Code Reader yang bisa Anda manfaatkan untuk memindai semua jenis barcode. Beberapa jenis barcode yang dapat dipindai di antaranya EQS, QR Code, Data Matrix, Quick Code, EAN8, Code39, dan Code128. Selain itu, aplikasi QR Code Reader juga mendukung pemindaian QR Code Wi-Fi yang memungkinkan Anda dapat terhubung ke internet tanpa memasukkan password.

Aplikasi scan barcode yang tak menguras memori

Anda tak perlu berharap lebih pada aplikasi ini karena aplikasi QR Code Reader memang ditugaskan hanya untuk memindai, bukan untuk membuat barcode. Jadi tak heran bila ruang penyimpanan yang dibutuhkan untuk menginstal aplikasi ini tak akan lebih dari 1.3MB. Di samping itu, gara-gara ukurannya yang kecil, aplikasi QR Code Reader sudah diunduh sebanyak 5 juta kali.

Namun, pengembang TWMobile tak hanya puas sampai di situ. Mereka juga meluncurkan aplikasi versi berbayar yang dinamakan dengan QR Code Reader Pro. Aplikasi yang dapat diunduh dengan mengeluarkan dana sebesar Rp 63.000 ini memiliki kapasitas memori yang lebih kecil dari versi gratisnya yakni 384Kb. Selain ringan, versi berbayar ini juga lebih akurat dan tak menyertakan iklan.

(brl/red)