Antisipasi jumlah pengunjung, aplikasi Ragunan Zoo siap diimplementasi

Antisipasi jumlah pengunjung, aplikasi Ragunan Zoo siap diimplementasi

Techno.id - Momen Lebaran merupakan saat yang istimewa juga dinantikan, karena bisa dihabiskan bersama dengan sanak keluarga dan orang-orang terdekat. Bahkan, tak sedikit yang memanfaatkannya untuk berwisata. Taman Margasatwa Ragunan pun kerap dijadikan destinasi pilihan.

Guna mengantisipasi membludaknya jumlah pengunjung, petugas Taman Margasatwa Ragunan telah mempersiapkan diri. Mereka akan mulai menjalankan aplikasi Ragunan Zoo yang telah diluncurkan sejak Juni lalu.

Pengunjung dapat menjelajahi kebun binatang lebih nyaman lewat aplikasi Ragunan Zoo. Dilansir dari Antara (16/07/15), Wahyudi Bambang, juru bicara Taman Margasatwa Ragunan, mengatakan bahwa yang menarik, ada peta Ragunan dan GPS yang bisa menunjukkan di mana keberadaan pengguna aplikasi. Mencari satwa yang ingin dikunjungi atau menuju pintu keluar pun menjadi lebih mudah.

Antisipasi jumlah pengunjung, aplikasi Ragunan Zoo siap diimplementasi
Aplikasi Ragunan Zoo 2015 play.google.com

Aplikasi Ragunan Zoo ini menyediakan berbagai informasi Taman Margasatwa Ragunan yang disajikan secara menarik, mudah, interaktif, dan menyenangkan. Informasi yang disajikan antara lain: informasi binatang, info jadwal atraksi binatang, peta digital area kebun binatang, games interaktif, serta berbagai fasilitas yang ada di area kebun binatang.

Hingga saat ini, aplikasi ini telah diunduh 2.000 kali sejak saat diluncurkan. Untuk mempermudah wisatawan domestik dan mancanegara dalam mencari informasi, aplikasi Ragunan Zoo menyediakan dua pilihan bahasa, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Sebagai gambaran, jumlah pengunjung kebun binatang it pada hari libur Lebaran bisa mencapai 100.000-160.000 orang. Taman Margasatwa Ragunan juga siap menampung lonjakan pengunjung saat libur Lebaran dengan menambah kapasitas lahan parkir dan merekrut tenaga tambahan dari pramuka, mahasiswa, dan organisasi masyarakat.

(brl/red)