Android dan iOS, mana yang lebih populer?

Android dan iOS, mana yang lebih populer?

Techno.id - Apple adalah pencetus sistem operasi iOS, sedangkan sistem operasi Android dicetuskan oleh Google. Kedua platform mobile ini terus bersaing ketat hingga sekarang dan sejauh ini masih belum ada platform lain yang mampu mengalahkan kepopuleran kedua sistem operasi ini.

Jika ada pertanyaan mengenai mana yang paling populer di antara kedua platform ini, Tentu jawabannya akan lebih bersifat subyektif. Hal ini karena masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Namun bagaimana jika pertanyaan tersebut lebih dipersempit di kuartal satu tahun 2015?

Seperti dikutip AndroidCommunity (07/05/2015), di beberapa negara Eropa, Android masih memimpin pangsa pasar hingga 68,4 persen di kuartal pertama 2015. Kendati begitu angka tersebut sebenarnya merupakan penurunan sebesar 3,1 persen dari tahun lalu, yakni sebesar 71,5 persen.

Meskipun tahun ini iOS berada di posisi kedua dengan pangsa pasar sebesar 20,3 persen, angka tersebut merupakan sebuah peningkatan sebesar 1,8 persen dari tahun lalu di kuartal pertama, yakni 18,6 persen. Spanyol, Italia, Perancis, dan Inggris adalah negara-negara Eropa yang menyukai sistem operasi iOS.

Platform Windows Phone ternyata juga cukup menarik perhatian masyarakat Eropa, di mana sistem operasi Microsoft ini mengalami peningkatan sebesar 1,8 persen. Tahun lalu di kuartal pertama, Windows Phone meraih pangsa sebesar 8,1 persen. Sedangkan di tahun 2015, angka tersebut telah meningkat menjadi 9,9 persen.

Di samping Eropa, tren positif iOS juga terjadi di Tiongkok. Di negara dengan pasar smartphone terbesar di dunia ini, ponsel iOS meningkat sebesar 9,2 persen. Di mana tahun lalu iOS raih pangsa sebesar 17,9 persen dan tahun ini meningkat menjadi 26,1 persen. iPhone 6 dan iPhone 6 Plus diyakini sebagai penyebab utama meningkatnya angka tersebut.

Menariknya, sistem operasi Android di Tiongkok justru menunjukkan tren penurunan hingga sebesar 8 persen. Tahun lalu Android menguasai pangsa pasar sebesar 80 persen, namun di tahun ini hanya 72 persen. Sedangkan Windows Phone tidak mengalami perubahan angka dari tahun lalu.

Jadi, apakah di tahun 2015 ini sistem operasi iOS adalah pemenangnya?

(brl/red)