Akhir tahun 2015, pengguna Facebook Messenger capai 800 juta

Akhir tahun 2015, pengguna Facebook Messenger capai 800 juta

Techno.id - Messenger kembali memberi bukti sebagai satu dari segelintir aplikasi pesan instan terpopuler di dunia. Maret 2015 lalu, layanan yang dirilis sejak 2011 ini baru digunakan sebanyak 600 juta user. Namun memasuki 2016, Messenger sanggup menambah 200 juta active user per bulan.

"Menjelang akhir tahun 2015, kami telah melampaui milestone, dengan adanya 800 juta orang yang menggunakan Messenger setiap bulannya," tulis David Marcus, VP of Messaging Products Facebook di siaran pers mereka (07/01/16).

Kabar baik ini sebenarnya tinggal menunggu waktu saja. Pasalnya, Messenger terus mencatat tren perkembangan yang positif. Contohnya dari riset Nielsen, Facebook Messenger duduk di posisi ketiga dari daftar 10 aplikasi smartphone top. Dari daftar itu, Messenger adalah aplikasi dengan peningkatan pengguna tertinggi yakni mencapai 31 persen dibanding tahun 2014.

Sementara dari data App Annie, Facebook Messenger adalah aplikasi terlaris kedua di Apple App Store. Selain Messenger (dan aplikasi Facebook tentunya), ada juga dua aplikasi terpopuler lain di daftar ini yang juga dimiliki oleh Facebook. Mereka adalah Instagram dan WhatsApp.

Ke depannya, popularitas Messenger kemungkinan akan tetap tumbuh. Hal ini seiring dengan semakin dikenal dan ramai digunakannya asisten virtual bikinan Facebook bernama M.

(brl/red)