5 Fitur Google Drive yang mungkin belum pernah Anda ketahui

5 Fitur Google Drive yang mungkin belum pernah Anda ketahui

Techno.id - Google Drive adalah aplikasi penyimpanan awan yang banyak digunakan saat ini. Aplikasi besutan raksasa teknologi asal Mountain View ini banyak jadi pilihan karena menawarkan kapasitas penyimpanan jumbo dan fitur-fitur menarik yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung kinerja Anda.

Nah, berikut ini Techno.id sajikan beberapa fitur dari Google Drive yang kemungkinan besar belum banyak diketahui. Penasaran apa saja fitur-fitur tersebut? Simak saja ulasannya berikut seperti dikutip dari PCWorld (7/12/15).

Drag-and-Drop File

Biasanya, untuk mengupload sebuah file ke Google Drive Anda akan melalui cara berikut ini: tekan tombol New, pilih Upload File, dan kemudian pilih file yang ingin Anda upload. Cara itu tak salah, tapi sebenarnya ada cara yang lebih mudah mengupload file tanpa perlu melalui langkah-langkah tersebut.

Caranya, adalah dengan drag atau tarik file dari Windows Explorer atau finder MacOS ke daftar file Google Drive Anda. Secara otomatis ikon Drag-and-Drop akan muncul dan Anda bisa melihat progress bar yang menunjukkan status upload Anda.

5 Fitur Google Drive yang mungkin belum pernah Anda ketahui

Cari folder berdasar pengirim

Biasanya untuk mencari sebuah folder dokumen kolaborasi di Google Drive membutuhkan waktu yang cukup lama dan ketelitian, terlebih jika Anda menyimpan begitu banyak file. Namun sebenarnya Anda bisa mencari folder berisi dokumen kolaborasi secara cepat dengan cara mengetik kolaborator nama atau alamat email di bar pencarian Drive dan dalam beberapa detik Anda akan melihat setiap folder dokumen yang Anda maksud.

(brl/red)