31 Oktober 2016, tak akan ada lagi PC ber-OS Windows 7 yang dijual

31 Oktober 2016, tak akan ada lagi PC ber-OS Windows 7 yang dijual

Techno.id - Dengan jumlah adopsi sebesar 7,94 persen di penghujung Oktober kemarin, pengguna Windows 10 pun semakin banyak saja. Persentase market share secara global itu pun sedikit lagi melampaui pengguna Windows 8.1 (10,68 persen) dan Windows XP (11,68 persen).

Nampaknya, demi memperluas pangsa pasar Windows 10, Microsoft pun secara resmi telah menjatuhkan tanggal akhir untuk vendor PC berhenti menjual produknya dengan pra-instalasi Windows 7. Kebijakan yang dipublikasikan di laman Windows Lifecycle itu diberlakukan pada 31 Oktober 2016.

31 Oktober 2016, tak akan ada lagi PC ber-OS Windows 7 yang dijual
Deadline penjualan PC ber-OS Windows 7 dari Microsoft 2015 windows.microsoft.com

Kesimpulannya, mulai tanggal itu, tak ada lagi PC ber-OS Windows 7 Professional yang bakal dijual di pasaran.

Secara keseluruhan, pangsa pasar Windows sampai sekarang masih didominasi oleh Windows 7 dengan 55,71 persen. Dominasi itulah yang berusaha dikikis oleh raksasa asal Redmond tersebut. Ditambah lagi, Microsoft telah menargetkan sendiri agar Windows 10 bisa dipakai oleh 1 miliar user dalam tiga tahun ke depan.

Tak ketinggalan, Microsoft juga menggoda user dengan pelbagai cara, misalnya dengan memberikan pembaruan besar bertajuk Windows 10 Fall Update untuk bulan ini. Selain menghadirkan User Interface untuk Windows 10 versi Final, Microsoft turut menganugerahkan kemampuan baru pada Cortana untuk mengirim teks kepada perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 10 Mobile.

(brl/red)